Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan?

Penyebab kegemukan tidak hanya disebabkan mengemil pada jam malam atau waktu-waktu tertentu saja. Namun penyebabnya bisa dikarenakan seorang kekurangan waktu tidur. Benarkan?

Efek kurang tidur memang menyebabkan kegemukan. Hal ini disebabkan karena kadar hormon leptin pada tubuh lebih rendah, yang mengakibatkan pula selera makan Anda lebih besar daripada biasanya. Selain itu, seseorang yang terbiasa cukup tidur, akan jarang merasa lapar. Karena pada saat tidur hormon ghrelin tetap sama atau seimbang. Sedangkan jika seorang kurang tidur, kadar ghrelinnya naik. Dan hormon ini memicu retensi lemak, perbedaannya orang yang kurang tidur akan menyimpan banyak lemak dalam tubuhnya dibanding orang yang memiliki cukup tidur.

Dampak kurang tidur memberikan kesempatan tubuh menyimpan lemak yang banyak. Sebaiknya Anda lebih bijak mengatur pola hidup sehat. Mulai lah disiplin pada tubuh, kapan saatnya bekerja, memberi asupan makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan tentunya tidur yang cukup dan teratur.

Sumber gambar : www.hivehealthmedia.com

This entry was posted in Article and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>